SOAL JAWAB BISNIS KEMITRAAN RUMAH MAKAN PARIAMAN

 

  • Apa itu kemitraan rumah makan pariaman?

Jawab : kemitraan rumah makan pariaman adalah usaha rumah makan padang dimana pihak  mitra :

  1. membeli hak merk “rumah makan pariaman”
  2. meminjam SOP cara mengelola usaha ini mulai dari produksi hingga penjualan, sehingga mitra bisa menjalankan usaha ini dengan sistem yang sudah berjalan dan sudah terbukti pada otlet sebelumnya ( hanya menduplikasi).
  3. Membeli bumbu racik dan beras secara kontinyu selama kontrak berlangsung selama 5 tahun.

 

  • Bagaimana sistem kemitraannya?

Jawab : kemitraan rumah makan pariaman adalah kemitraan aktif dimana pihak mitra mengelola sepenuhnya usaha ini, dibantu dengan team ( karyawan) dan di support oleh manajemen kami.

Jadi berbeda dengan kemitraan pasif seperti indo / alfamart, dimana mitra tinggal menerimah bagi hasil dari manajemen ( pasif) , tanpa harus menjalankan usaha tersebut.

  • Apa keuntungan kemitraan aktif seperti kemitraan rumah makan pariaman ini?

Jawab : laba dari kegiatan usaha ini 100 % milik mitra, tidak dibagi dengan manajemen, kami tidak mewajibkan mitra untuk membayar royalti & franchise fee.

  • Lalu interaksi atau hubungan selanjutnya antara mitra dengan manejemen seperti apa?
  1. Mitra membeli bumbu racik dan beras kepada manajemen, sedangkan untuk bahan baku mitra bisa membeli dari pasar/suplier terdekat.
  2. Manajemen mensupport operasional rumah makan mitra dengan memberi bimbingan , arahan, tools, secara free dan kontinyu selama kontrak berjalan, kecuali jika mitra meminta pihak manajemen untuk datang ke outlet mitra diluar jadwal kunjungan rutin, maka pihak mitra mengganti biaya akomodasi team manajemen.
  • Apa Bedanya Rumah Makan Pariaman Ini Dengan Rumah Makan Padang Pada Umumnya?

Jawab

  • Pertama, tampilan / desain kami khas, berbeda dengan resto padang pada umumnya.
  • Kedua, value kita bahwa kita memberikan nilai lebih untuk customer dengan memberikan free tambah nasi, free tambah sambal, & free tambah kuah , ketiga tambahan tersebut diambil sendiri oleh customer dengan jumlah yang dikehendaki customer.
  • Ketiga , ada menu yang disajikan dadakan yaitu ayam goreng tulang lunak panas (AGETULAPAN).
  • Keempat adalah bahwa rumah makan pariaman ini sudah dibuat sistem kemitraan, atau waralaba/franchise ,tapi kami menyebutnya bahwa ini lebih kepada bisnis oportunity. Sehingga kami mempunyai desain yang menarik dan tentunya seragam untuk setiap otlet dan standart operasional yang jelas.
  • Kelima, kami memfasilitasi mitra untuk berjualan ketupat sayur padang pada pagi hari dan ayam bakar padang dadakan pada malam hari, sehingga menambah pemasukan buat mitra-mitra kami.

 

  • Sejak kapan Rumah Makan Pariaman Ini Diwaralabakan?

Jawab :

  • Rumah makan pariaman telah berdiri sejak 2009 di bekasi kota dan mulai diwaralabakan sejak november 2014, mungkin ini satu-satu nya bisnis oportunity kemitraan rumah makan padang skala menengah / mini resto , yang selama ini kita tahu adalah tentang bisnis rumah makan padang yang diwaralabakan adalah rumah makan /restoran  Sederhana atau Simpang Raya dll  yang membidik kalangan menengah atas  yang kabarnya harga investasinya mencapai 1 M bahkan lebih.

 

  • Apa Keuntunganya Atau Manfaat  Membeli Bisnis Kemitraan  Rumah Makan Pariaman ?

Jawab :

  • Tentunya sangat menguntungkan dan banyak manfaatnya :
  • Pertama ketika bpk/ibu membeli usaha kemitraan atau waralaba kami , maka artinya bpk/ibu sudah mempunyai usaha tanpa  harus merintis dari nol, tanpa  harus belajar dulu,  entah itu belajar memasak, belajar memajang piring pajangan, belajar menjual dll. Dan bpk/ibu  tidak harus jatuh bangun seperti yang biasa dialami para pebisnis pemula yang merintis dari nol. Seorang  peneliti sekaligus praktisi bisnis  dari kanada Michael M. Coltman menyatakan bahwa 70-80 % bisnis independen mengalami kegagalan, dan hanya 20-30%  para franchisee atau mitra yang beresiko gagal.
  • Kedua, dengan menjadi mitra kami, maka  mitra akan mendapatkan bimbingan dan suport selama masa kerjasama, baik berupa suport dibidang produksi, manajemen produksi, manajemen keuangan dan juga marketing.
  • Ketiga, mitra bisa memperoleh harga bahan baku dan bumbu yang lebih murah dibandingkan dengan belanja sendiri ke pasar, dikarenakan kami belanja dalam jumlah besar sehingga mendapatkan suplier yang menjual dengan harga miring.
  • Keempat, bisnis rumah makan adalah bisnis yang simple artinya setiap hari sudah bisa dipastikan gros margin bahkan net profit nya, dalam hal ini ketika hari ini kita jualan, maka di hari yang sama ketika tutup otlet , omset bisa  langsung kita hitung dan kita  pisahkan untuk belanja  bahan baku dan bumbu  untuk jualan esok hari, dan sisa nya adalah margin nya atau laba kotornya. Berbeda halnya ketika kita berjualan yang lain misal toko baju atau mainan anak-anak atau yang lainnya  ( karena  ini pengalaman saya), ketika saya dalam satu hari jualan  -waktu itu memperoleh omset Rp. 1 juta per hari-, terus besoknya saya belanja ke grosir . biasanya di tempat grosir itu  selalu ada barang-barang atau mainan model baru, yang akhirnya agar supaya kita tidak kalah dengan pesaing kita maka saya belanja model baru tersebut, yang pada akhirnya omset Rp. 1 juta itu pun habis, tidak ada lagi sisa uang atau margin atau laba kotor.  Sedangkan untuk bisnis ini relatif tidak ada barang-barang atau bahan baku baru, tetap saja hanya ikan , ayam dan daging sapi dll.

 

  • Kenapa Harus Memilih Kemitraan Rumah Makan Pariaman?

Jawab :

  • Karena,
  • Pertama, bisnis ini adalah bisnis kuliner, dan kita tahu bahwa bisnis makanan adalah bisnis yang tidak ada matinya , karna menyangkut kebutuhan dasar manusia, apalagi rumah makan padang sudah menyebar dan terkenal tidak hanya di dalam negeri tapi sampai ke luar negeri. Dan hampir semua lidah orang Indonesia cocok dengan masakan padang.
  • Kedua, bisnis ini bukan bisnis musiman yang hanya booming sesaat ,tidak lama,kemudian langsung lenyap seperti bisnis minuman2 baik berupa booth  gerobakan, atau di kios2 kecil, kita ambil contoh kemitraan ayam A, ayam B dll, diawal boleh jadi mereka booming, tapi ketika muncul ayam C,yang lain abis, nanti muncul lagi ayam D, maka ayam C ini juga abis, juga seperti kemitraan  es  cappucino  cincau,es buble, coklat meler , es kepal milo dll.
  • Ketiga, bisnis ini bukan juga bisnis makanan jajanan atau cemilan, tapi bisnis makanan pokok , yang hampir seluruh  orang indonesia makan nasi, bisnis ini juga  bisa diwariskan ke anak cucu bahkan bisa dikembangkan sendiri oleh mitra ke level yang lebih besar ( upgrade) seperti  restoran dan atau mengembangkan bisnis catering masakan padang nya ( nanti kita suport untuk itu).
  • Kelima, jika bpk/ibu hendak membeli bisnis kemitraan harus dilihat-lihat dulu , apakah bisnis ini bisnis baru yang hanya beberapa bulan saja sejak dilaunching oleh pemiliknya terus “tiba-tiba” di diwaralabakan, atau bahkan sama sekali belum ada contohnya, tiba-tiba saja ditawarkan ke publik.  Kami disini telah teruji dan berpengalaman  selama 8 tahun dan sudah ada 14 otlet rumah makan, artinya kami tinggal mengimplementasikan atau mengcopy paste di tempat lain.
  • Keenam , mitra bisa lebih mendapatkan keuntungan yang bahkan lebih besar dibandingkan dengan profit kami atau dengan cabang-cabang yang sudah ada , tergantung seberapa aktif nya mitra kami dalam mempromosikan resto nya.
  • Ketujuh , bisnis kemitraan rumah makan pariaman ini sangat simple terutama pada bagian produksi yang merupakan bagian yang  dianggap sebagian besar orang merupakan bagian yang melelahkan dan rumit  dalam bisnis rumah makan, karena apa? Karena  kami  telah menyediakan bumbu yang sudah diracik seperti layak nya kita memasak mie instan yang bumbu nya sudah dikantongin atau sudah dipack perbungkus, sehingga lebih memudahkan koki/chef untuk memasak dan mempersingkat waktu dan juga menghemat tenaga.
  • Kedelapan alasan kenapa bpk/ibu harus memlilih bisnis kemitraan rumah makan pariaman adalah bahwa kami tidak memungut dari mitra uang franchise  fee, hanya biaya royalti fee yang sangat rendah yaitu 1% dari omset per bulan.
  • Kesembilan , kami hanya menjelaskan kepada mitra hal-hal real yang telah dialami oleh otlet kami dan otlet  mitra-mitra  kami ,artinya kami mempresentasikan bisnis ini real berdasarkan apa yang terjadi pada rumah makan-rumah makan  kami atau mitra kami sebelumnya. Kita bisa lihat di dunia maya, kebanyakan mereka yang  menawarkan bisnis kemitraan ini – maaf- terlalu muluk dan berlebihan ,  bagi orang yang biasa berbisnis  atau berjualan kadang-kadang  terasa gak masuk akal, bahwa dikatakan prediksi omset sekian puluh juta per hari  atau sehari sekian ratus porsi per hari,gross  marginnya  sebulan sekian ratus juta dan net profitnya perbulan sekian puluh juta, kebanyakan mereka hanya memprediksi penjualan dengan kuantitas banyak/besar tidak mengacu kepada omset dan laba yang real yang terjadi pada otlet-otlet nya,dan juga mengesampingkan masa-masa set up di awal operasional.  Maksud kami  bahwa  kita harus hati-hati dalam memilih bisnis kemitraan, karena ini menyangkut uang yang kita investasikan yang tentunya tidak sedikit jumlahnya, maka dari itu kami sarankan bpk/ibu memilih bisnis kemitraan kami.

 

  • Siapa Saja  Yang Bisa Membeli Atau Boleh  Menjadi Mitra ?

Jawab :

  • Yang pertama tentunya yang suka masakan padang.
  • Kedua,  yaitu bpk/ibu yang mengerti /faham akan  hukum sunatullah dagang, artinya bahwa setiap orang yang berjualan itu pasti mengalami omset besar ketika ramai pengunjung dan omset kecil ketika sepi penjualan. Jadi tidak selamanya rame terus dan tidak selamanya sepi terus, akan tetapi yang harus diupayakan adalah agar dalam waktu sebulan itu harus  lebih sering ramenya daripada sepinya , dan sesepi-sepinya jualan jangan sampe merugi atau  bahkan
  • Ketiga, syarat menjadi mitra yaitu orang yang mau mengontrol otletnya secara rutin dan berkesinambungan, walaupun tidak mesti setiap hari  datang langsung ke otletnya.
  • Kelima, yaitu orang yang bisa menjalankan ketentuan –ketentuan yang tertuang di M.O.U, bisa bekerjasama menjaga nama baik brand Pariaman.
  • Keenam adalah tentunya yang sudah disetujui oleh tim manajemen kami.

 

 

  • Berapa Harga Yang Ditawarkan Untuk Bisnis Kemitraan Ini ? Dan Apa Saja Yang Diperoleh Mitra Dengan Nilai Investasi Tersebut?

Jawab :

  • Kami menawarkan harga kemitraan rumah makan pariaman ini hanya Rp. 120.000.000,- (seratus dua puluh juta rupiah) saja, harga yang sangat murah tentunya  jika dibandingkan dengan waralaba/ kemitraan  lain , kita ambil contoh waralaba makanan timur tengah ( kebab), yang kalau di negara kita itu merupakan makanan cemilan atau jajanan, yang hanya berupa booth gerobak,  sekarang nilai investasinya diatas 40 juta. Makanan cemilan lain misal bakso dll sudah banyak yang  harga investasinya diatas Rp. 150 juta. Bahkan  untuk skala mini resto seperti kami sudah banyak yang memasang tarif 300-500 juta.
  • Terus pertanyaanya adalah apa saja yang diperoleh oleh mitra dengan nilai investasi Rp. 120 juta tsb?

Pada dasarnya semua kebutuhan atau semua perlengkapan sarana dan prasarana yang menunjang jalannya atau operasionalnya suatu rumah makan  padang sudah include didalamnya, diantaranya seperti berikut :

  1. Display depan lengkap dengan piring / mangkok pajangan sususn bertingkat, termasuk dudukan pajangannya, juga stiker merk dikaca depan ( terpasang ), baskom stenlis pajangan ukuran 16 sebanyak 2 pcs, ukuran 24 sebanyak 1 pcs, ukuran 28 sebanyak 2 pcs, jepitan lauk 2 pcs, nampan stenlis ukuran 16 sebanyak 1 pcs, nampan stenlis ukuran 12   2 pcs, centong sayur 1 pcs.
  2. Meja makan customer sebanyak 4 buah dengan kursi cafe korea sebanyak 16 pcs, lengkap dengan tempat sendok beserta sendok dan garfunya (total 4 lusin), tempat tisu dan isinya, teko minuman 4 pcs dan airnya, asbak ( tentunya tidak dengan rokoknya) tempat tusuk gigi dan isinya, lengkap ditiap-tiap  masing-masing  meja makan. Jika  tempat luas maka mitra bisa menambah meja dan kursi yang  jumlahnya disesuaikan dengan luas area. Harga satu set meja lengkap Rp. 2 jt
  3. Cash Register plus meja kasir.
  4. Display nasi lengkap dengan majic jar, piring makan 1,5 lusin, piring nasi tambah 1,5 lusin, kertas nasi cap gajah (merah) 1 pack, pelapis kertas nasi 1 pack (10 kg), plastik ukuran ¼, ½ & 1 kg masing-masing 1 bungkus, batok nasi 1 pcs, centong nasi 1 pcs, kantong plastik ukuran 14 , 17,24 dan 28 masing-masing 1 bungkus,pen dan dudukannya ( terpasang), jepitan 4 pcs
  5. Peralatan masak / dapur , berupa kompor rinai Ri 522C  2 pcs , komor Rinai besar RI 2RSP   1 pcs, kompor panggangan   1 pcs,  langseng orchid ukuran 45  1 pcs, wajan cekung ukuran 16 sebanyak 2 pcs, wajan ukuran 18 sebanyak 1 pcs, wajan ukuran 20 sebanyak 1 pcs, wajan ukuran 22 …1 pcs,ceret halco ukuran 24 sebanyak 1 pcs, spatula/sodet 4 pcs, centong sayur 4 pcs,baskom-baskom plastik berbagai ukuran 3 pcs, wadah palstik persegi panjang bolong-bolong   berbagai ukuran 6 pcs,  toples ukuran ½ kg 6 pcs, ember karet hitam ukuran sedang 2 pcs, gayung 2 pcs, lap kain  4 pcs , cempal 2 pcs, saringan minyak  2 ukuran masing-masing 1  pcs, wadah minyak bekas/minyak jelantah 1 pcs, selang gas 4 pcs, regulator 4 pcs, tabung gas + isi  3 kg 4 pcs, meja kompor 3 pcs, panggangan 2 pcs, garam 3 bungkus, sasa ¼ kg, pisau dapur 3 pcs, telenan kayu 1 pcs, soda kue 1 kg ,sodet kayu 1 pcs, tempat sampah plastik 2 pcs,rak piring 2 susun  1 pcs.
  6. Display meja minuman , lengkap dengan gelas jempol 2 lsn, gelas kopi 1 lsn, termos air panas lionstar 1 pcs, termos es ukuran sedang 1 pcs, teko besar 1pcs, kobokan stenlis 1,5 lsn, saringan teh stenlis 1 pcs, gula putih 1 kg, teh bendera bubuk 2 pcs, sedotan 1 pak, saringan teh 2 pcs.
  7. Kipas angin dinding 4 pcs, kipas duduk 2 pcs.
  8. Kulkas sharp 1 pintu  1 unit
  9. Prizer RSA 200 liter 1 unit
  10. TV Sharp Led  32 in  1 unit.
  11. Desain interior dan eksterior (list cat , foto menu,daftar harga)
  12. Spanduk , baner , brosur dan kartu nama.
  13. Modal awal jualan satu hari pertama plus promo grand opening ( banyaknya 400 pcs lauk lengkap dengan sambal,lalapan,kuah2, sayur, nasi. .
  14. Peralatan kebersihan , sapu 1 pcs, pel lantai 1 pcs,keset 4 pcs, sabun colek, sabun cuci piring,  koran bekas, tempat sampah, sikat kain.
  15. Peralatan tidur karyawan berupa bantal 3 pcs , kasur gulung 1 pcs, dan karpet plastik 1 pcs.
  16. Peralatan ibadah karyawan , sajadah 1 pcs, Al Quran 1 mushaf

 

  • Bagaimana Cara Atau Proses nya  Kalau Kita Ingin Menjadi Mitra?

Jawab

  • Cara untuk menjadi mitra kami dan mempunyai bisnis rumah makan padang Pariaman adalah sebagai berikut :
  1. Bpk/ibu menghubungi kami melalui sms /telpon ke nomor 0813 8747 3521  atau WA ke nomor 087886730060 .
  2. Kami kirimkan penjelasan tertulis lewat email ke calon mitra.
  3. Selanjutnya kami  bertemu langsung dengan calon mitra dan kami mempresentasikan bisnis kemitraan ini ( tempat disepakati,  biasanya di outlet rumah makan Pariaman)
  4. Ketika bpk/ibu sudah tertarik dan sepakat untuk bermitra, maka calon mitra  membayar comitment fee sebesar 20%  dari nilai investasi dan mengisi formulir permohonan menjadi mitra, disertakan juga fotocopy KTP suami istri dan pas foto 4×6   2 lembar.
  5. Bersamaan dengan itu mitra menyerahkan 1 orang calon karyawan (jika ada) untuk masuk tahapan training di tempat training kami , dan kami pun menyiapkan 2 orang karyawan untuk ditraining pula, karena diawal buka kita hanya perlu  3 orang karyawan.
  6. Setelah itu tim kami mulai mencari kios atau lokasi resto untuk mitra, atau mensurvey jika tempat telah ada, biasanya kami mengikuti mitra maunya buka didaerah mana, kalau kami sendiri menyarankan tidak terlalu jauh dari rumah mitra, maksimal 30 menit perjalanan  naik motor dengan kecepatan 20-40 km/jam.dan dengan harga ruko dibawah Rp. 70jt /tahun (relatif ).Dalam hal ini kami minta waktu maksimal selama 3 bulan untuk mencari lokasi dan mitra di kenakan biaya dengan nominal tertentu ( sesuai daerah).

Jika tempat sudah ada maka kami hanya butuh waktu 20-40 hari, hingga grand opening

  1. Setelah lokasi yang cocok ketemu, mitra membayar uang sewa kios kepada pemiliknya dan membayar  sisa pembayaran investasi ( 80% ) kepada kami  & penandatanganan  o.u kerjasama selama  5 tahun.
  2. Mitra menyiapkan instalasi listrik untuk keperluan /colokan tv, kipas, kulkas, prizer, blender, lampu etalse. Dan juga instalasi air atau pemasangan wetafle cuci piring dan cuci tangan.
  3. Proses selanjutnya adalah membranding tempat/kios rumah makan pariaman.
  4. Grand Opening.

 

 

  • Apa Menu Unggulan Di Rumah Makan Pariaman?

Jawab

  • Menu unggulan kami yang paling laku adalah ayam bakar pariaman.
  • Agetulapan (ayam goreng tulang lunak panas)

 

  • Promo Apa Saja Yang biasa Diadakan?

Jawab

Untuk program promo banyak model yang sudah kami terapkan baik di otlet kami atau di otlet mitra diantaranya :

  1. Promo grand opening : beli 3 Rp. 20.000
  2. Promo jus & es mentimun gratis
  3. Tambah perkedel, gratis es teh manis.
  4. Gratis telor untuk pembelian ketupat sayur ( saat grand opening)
  5. dll

 

  • Berapa Lama Waktu Balik Modal (BEP) Dan Berapa % ROI nya ?

Jawab

  • Rata-rata penjualan otlet kami sehari 180 porsi , kita asumsikan harga per porsi Rp. 16.000, maka

Omset dari penjualan makanan  sekitar Rp. 2.880.000 x 30 hari = Rp. 86.400.000,-

Omset  penjualan minuman rata-rata perhari Rp. 100.000,- maka dalam sebulan omset penjualan minuman 100.000 x 30 = Rp. 3.000.000,-

Omset dari pesanan  nasi box  rata-rata 100 box per bulan  x Rp. 18.000,- = Rp. 1.800.000,-

Omset dari penjualan ketupat sayur padang Rp. 400.000,-

Total omset  =  Rp. 91.600.000,-

 

Margin/Laba Kotor  rata-rata 30% x  91.600.000 = Rp. 27.480.000,-

 

Pengeluaran : gaji karyawan 3 orang Rp. 5.100.000,-

Sewa tempat (jika Rp. 50.000.000/ tahun) Rp. 4.170.000,-

Keamanan dan kebersihan /IPL Rp. 200.000,-

Penyusutan Rp. 100.000,-( untuk pembelian piring atau gelas yang pecah

dll)

listrik & air  Rp. 1000.000,-

lain-lain  Rp. 500.000,-

Total  pengeluaran           Rp. 11.070.000,-

Net Profit  :  Rp. 27.480.000 – 11.070.000 = 16.410.000

Waktu BEP  : Harga Investasi / Net Profit

Rp. 120.000.000 + 15.000.000 ( biaya beli motor seken utk belanja & deliveri, biaya promo,cadangan modal) + 50.000.000,-(sewa tempat)

=   185.000.000

dibagi  16.410.000 ( profit)

BEP    =  12  bulan

ROI (Return On Investement)

ROI = ( laba / Investasi)  x 100%

= 8,8 %

 

 

 

  • Berapa Rata-Rata Omset Otlet Yang Sekarang Sudah Berjalan?

Jawab :

Dari 14 otlet yang sedang berjalan kalau dirata-ratakan dari yang omset terkecil sekitar 40 juta an per bulan  (biasanya terjadi ketika masa set up) sampai dengan 280 jutaan / bulan.

 

  • Bagaimana dengan uang laba harian? Apakah bisa diambil tiap hari atau bagaimana?

Jawab :

  • Dengan pembukuan yang kami buat dimungkinkan mitra dan karyawan bisa menghitung laba setiap hari, adapun teknis penyetoran laba kepada pemilik otlet / mitra dilakukan sesuai kesepakatan antara mitra dengan karyawan.

Misalkan yang selama ini mitra kami telah jalankan adalah sbb :

  • Mentransfer laba per hari atau per 3 hari ke rekening mitra.
  • Dijemput langsung ke otlet oleh mitra per pekan sekalian controlling, atau bahkan tiap hari.

 

  • Apa Resiko Terburuk  Bisnis Kemitraan Ini?

Jawab :

  • Sebagaimana bisnis pada umumnya adalah bahwa selalu terdapat 2 hal yang bisa terjadi yaitu mendapatkan keuntungan atau menanggung resiko kerugian.Hal terburuk yang mungkin saja terjadi ketika rumah makan beroperasional adalah penurunan omset dan profit ,sehingga profit tidak bisa menutupi biaya operasional. Ada 2  faktor menjadi penyebabnya  diantaranya :
  • Faktor eksternal seperti Perubahan lingkungan sekitar, otlet tidak diperpnjang sewa nya, harga sewa naik dan tidak bisa / tidak masuk hitungan kalau kita perpanjang,banyak pesaing yang tidak diantisipasi dengan cepat sehingga pelanggan kita pindah ke kompetitor.
  • Faktor internal seperti kesalahan karyawan mengelola rumah makan atau mengelola tidak sesuai dengan s.o.p   , konflik internal sesama karyawan atau karyawan dengan mitra dan terlambat mengambil keputusan, karyawan keluar dan belum dapat penggantinya, rumah makan sering tutup dan dalam setiap kali tutup dalam waktu yang cukup lama.
  • Ketika hal ini terjadi maka satu –satu nya jalan adalah merelokasi ke tempat yang baru. Dalam hal ini mitra hanya mengeluarkan tambahan modal baru senilai (Harga Sewa Otlet baru – Harga Over Kontrak Otlet Lama). Adapun peralatan bisa dibawa/dipindahkan.
  • Sangat berbeda ketika kita misalnya mempunyai toko baju atau yang lainnya, ketika omset menurun dan laba tidak bisa memenuhi biaya operasional , maka barang dagangan kita pun semakin habis , artinya ketika kita  merelokasi ke tempat baru kita harus mengeluarkan modal seperti  modal awal lagi.

 

  • Bab Tanya Jawab Seputar Karyawan /Pengelola.

 

  • Bagaimana dengan  karyawan? Siapa yang menyediakan karyawan? Bagaimana dengan koki/chef?

 

Jawab :

 

  • Karyawan yang dibutuhkan pada awal buka operasional hanya butuh 3 orang, disarankan satu orang rekomendasi atau dari pihak mitra untuk dijadikan kepala otlet yang akan bertanggungjawab memegang keuangan baik itu uang laba atau uang operasional yang akan diputarkan , atau bisa juga mitra sendiri yang bertugas menjadi kepala otlet atau merangkap kasir. 2 orang lagi sisanya dari rekrutment  kami (dibantu mitra tentunya)
  • Semua karyawan diwajibkan mengikuti training sampai mampu melakukan semua pekerjaan,setiap karyawan harus bisa masak ,  harus bisa pelayanan dan pembukuan dan juga belanja, sehingga ketika salah satu libur atau keluar maka otlet tetap bisa berjalan sebagaimana mestinya.

 

  • Bagaimana kalau karyawan keluar? Siapa yang wajib mencari gantinya?

 

Setiap karyawan kita sarankan ke mitra supaya diberlakukan sistem kontrak kerja selama kurun waktu tertentu misalkan  1 tahun atau 6 bulan (kebijakan sepenuhnya ada pada mitra). Sehingga setidaknya ada kepastian bahwa mitra  tidak usah mencari  karyawan pengganti ( kecuali jika dikeluarkan secara sepihak karena melanggar aturan dan atau s.o.p kerja).

Mitra wajib mencari atau merekrut karyawan baru/pengganti, kami sifatnya hanya membantu mencarikan / membantu merekrut.

Karyawan yang baru bisa ditraining di pusat (tempat kami),tapi hal ini mitra dikenakan biaya traing, atau ditraining di otlet mitra oleh karyawan lama atau oleh mitra sendiri.

 

  • Bagaimana kalau karyawan keluar/ mengundurkan diri  sebelum habis masa kontraknya? Atau tidak memperpanjang kontrak nya?

 

Setiap karyawan diwajibkan menyimpan atau menyisihkan 10 – 30 % penghasilannya kepada mitra, yang akan di kembalikan lagi ke karyawan setelah berakhirnya masa kontrak,jika sebelum masa kontrak mengundurkan diri maka semua simpanan tersebut hangus dan menjadi milik mitra.

Mitra wajib menyediakan atau bersiap-siap mencari cadangan karyawan baru pada 1 atau 2 bulan masa kontrak karyawan habis,tujuannya adalah apabila karyawan lama tidak memperpanjang kontrak berikutnya atau mitra tidak akan mempekerjakan karyawan itu lagi, dan  1 bulan sebelum masa kontrak habis karyawan wajib mengisi form perpanjangan kontrak ( kalau mau lanjut).

 

  • Bagaimana kalau karyawan melarikan uang atau aset otlet?

 

Setiap karyawan ketika diterima di rumah makan pariaman harus menitipkan KTP asli   sebagai jaminan, dan fas foto 4×6 sebanyak 2 lembar. Dalam proses rekrutment karyawan kami, atau mitra wajib menghubungi pihak keluarganya yang terdekat dengan lokasi otlet yang menjadi referensi atau penanggungjawab.

 

  • Bagaimana Kita Tahu Kalau Karyawan Tidak Curang? Apa yang membuat kita  yakin kalau kita tidak dicurangi karyawan? Apa ada celah karyawan untuk korupsi?

 

  • Untuk menjawab semua pertanyaan diatas ada baiknya kita kembali kemasalah rekrutment karyawan, bisa jadi ketika rekrutment karyawan kita salah menganalisa.
  • Disetiap otlet rumah makan pariaman ada buku jurnal harian yang sederhana yang bisa mendeteksi kecurangan karyawan.
  • Di cash register bisa merekap penjualan, artinya bahwa setiap transaksi harus mendapatkan struk.
  • Mitra diwajibkan mengontrol dan lebih baik lagi jika menginput ke pc atau laptop laporan hasil penjualan sehingga ketika karyawan “bermain” maka bisa secara cepat diketahui dan bisa secara cepat dan tepat mengambil keputusan.
  • Memang ada wilayah abu-abu atau wilayah yang mau tidak mau  bisa terjadi dan kita bisa anggarkan atau bisa kasih toleransi dan diberi batas nominal sekian puluh ribu per bulan misalnya.
  • Kami selalu menyarankan kepada mitra untuk terus membina karyawan baik dari segi kualitas kerja maupun kualitas keimanannya. Karena secanggih apapun dan sedetail apapun pembukuannya / akuntingnya tapi ketika mental si karyawan adalah mental maling , maka akan dengan segala cara mereka berbuat curang.
  • Berapa besar gaji karyawan? Atau seperti apa model sistem penggajiannya?

 

  • Pada dasarnya kami menyerahkan sepenuhnya sistem penggajian karyawan ini kepada mitra , tetapi ada beberapa opsi yang bisa dipilih
  1. Gaji pokok 1.200.000,- plus bonus

Perhitungan bonus seperti berikut:

Jika bulan ini oset misalkan 50 juta, maka bulan berikutnya harus ada target penambahan misalkan 10 juta , jadi target omset 60 juta.

Lalu jika tercapai, maka ada tambahan omset 10 juta dan hitungmarginnya sebesar 30% , sama dengan 3 juta

Nah dari 3 juta ini buat bonus 50% atau 1,5 juta dibagi ke karyawan dengan pembagian sama rata atau sesuai kinerja.

  1. Gaji flat 1,7 juta per
  2. Bagi hasil dari laba bersih 60:40 atau 50:50.

 

  • Jika ada karyawan baru dan tentunya belum bisa apa-apa, apakah harus ditraining di pusat? Atau bagaimana?

 

  • Seperti disebutkan diatas bahwa setiap karyawan harus menguasai semua pekerjaan, artinya jika ada karyawan baru dan di otlet tersebut masih ada karyawan lama, maka si karyawan lama tersebut wajib mentraining karyawan baru tersebut. Atau bisa juga dikirim ke pusat training kami, akan tetapi mitra dikenakan biaya training sebesar Rp. 200.000/hari untuk biaya makan minum, biaya trainer dan uang saku karyawan training. Diluar transport antar jemput ke otlet.

 

 

  • Apakah selain karyawan , mitra juga mendapatkan training?

Jawab :

  • Betul, selain kami mentraining karyawan , kami juga mentraining mitra terutama dalam hal :
  • Cara mengisi pembukuan jurnal harian.
  • Cara memonitor/ controlling otlet.
  • Belajar memahami karakter karyawan dan mengantisipasi kecurangan karyawan.
  • Semual hal diatas optional ( biasanya mitra kami yang biasa bisnis sudah faham ).

 

  • Bagaimana mekanisme cara belanja bahan baku dan bumbu?

Jawab :

  • Setiap otlet wajib membeli bumbu dan beras ke manajemen dengan batas minimal order per bulan.
  • Pengiriman bumbu sesuai kesepakatan, apakah dijemput atau dikirim dan waktu pengiriman diatur kemudian (biasanya per setengah bulan, atau per pekan).
  • Bahan baku seperti ayam, daging,ikan dll bisa diperoleh dengan berbelanja ke pasar atau suplier terdekat dan termurah
  • Ukuran dan Kualitas bahan baku harus mengikuti standar pusat, biasanya kami ajarkan kepada karyawan ketika masa training “bab belanja bahan baku”, dan tim kami mendampingi karyawan pada saat mensurvey pasar/suplier  untuk belanja resto

 

  • Bagaimana cara memperpanjang kontrak kerjasama berikutnya?

Jawab :

  • Mitra mengisi form permohonan perpanjangan kontrak.
  • Setelah disetujui, mitra membayar biaya charger perpanjangan kontrak kerjasama sebesar 20% dari harga investasi awal/sebelumnya, untuk kerjasama 5 tahun kedepan.

Biaya 20% ini sebagian dikembalikan kepada mitra berupa brosur promo, penggantian banner dll.

  • Penandatangan m.o.u kerjasama yang baru.

 

 

  • Seperti apakah m.o.u kerjasama kemitraan ini ?

Jawab :

  • Dilampirkan contoh m.o.u