Tips Membuka Usaha Rumah Makan Padang

Tips Membuka Usaha Rumah Makan Padang

Rumah makan Padang meski beromzet jutaan tapi juga ketat persaingan, jadi untuk membuka usaha ini harus benar benar dipertimbangkan sehingga tidak terjadi persaingan super hebat yang akan mengarah banting harga sehingga sama sama rugi. Beberapa tips berikut bisa menjadi inspirasi Anda saat membuka usaha rumah makan Padang :

1. SEGMEN PASAR.
Menetapkan segmen pasar bisa berdasarkan penghasilan, misal rumah makan Padang untuk kelas menengah atas (resto mewah, ber AC dan bersih), rumah makan Padang kelas menengah (rumah makan bersih, tertata rapi, cepat saji) dan kelas bawah (kaki lima, gerobakan, murah, cepat, banyak).

2. KENALI PESAING ANDA.
Hal ini sangat penting karena untuk menghindari persaingan yang luar biasa jika berhadapan langsung. Memang rumah makan Padang tersebar seluruh antero nusantara, tapi mengetahui pesaing di sekitar sangat penting. Jika pesaing Anda sama-sama menjual masakan Padang untuk kelas bawah, pastikan Anda memiliki perbedaan lebih dari pesaing, misal tempat Anda lebih bersih, makanan lebih variasi atau layanan lebih ramah.

3. LOKASI YANG TEPAT.
Lokasi dipastikan mudah dijangkau, ramai, terlihat, menonjol dan mudah untuk parkir. Jangan memilih lokasi yang sulit untuk didatangi. Lokasi memiliki peran yang sangat penting. Sesuaikan lokasi dengan segmen pasar yang Anda bidik, lokasi yang tepat tapi tidak mendekati sasaran akan sia sia. Contoh menjual rumah makan Padang mewah di lokasi kumuh yang ramai, kurang efektif untuk
menyampaikan pencitraan.

4. BAGAIMANA MENYUSUN MENU MASAKAN YANG TEPAT.
Masakan Padang yang kaya bumbu sebenarnya banyak mengalami penyesuaian. Untuk Anda yang sengaja menjual masakan Padang yang asli Minangkabau karena memang ditujukan untuk para perantau Padang, masakan asli Padang akan menjadi daya tarik yang luar biasa. Tapi jika pasar yang dibidik adalah masyarakat umum ada baiknya menyesuaikan dengan selera masakan setempat. Masakan Padang semakin kreatif, bahkan menu-menu baru semacam ayam pop atau ikan bakar sengaja dijual untuk menarik pengunjung lewat aroma asap yang ditimbulkan saat membakarnya.

5. BERAPAKAH HARGA JUAL YANG TEPAT.
Disesuaikan dengan segmen pasar yang dibidik. Jika yang dibidik adalah segmen bawah harga menjadi sangat sensitif. Beberapa rumah makan Padang begitu kreatif memasarkan masakan yang murah dengan memasang tulisan: Harga Sama Rp. 5000, atau Harga Rp. 6000. Ini adalah informasi yang penting bagi konsumen yang terbatas uangnya, jadi dengan sisa uang di kantongnya, mereka tidak ragu memasuki warung.

6. MENYUSUN MANAJEMEN MUTU.
Masakan Padang variasinya sangat luar biasa sehingga diperlukan manajemen pengendalian mutu yang baik untuk membuat seluruh masakan tetap segar dan bermutu. Apalagi masakan Padang sering menggunakan bahan santan yang mudah bau, sehingga kebersihan dan sanitasi peralatan menjadi sangat penting sekali. Pentingnya manajemen mutu karena kebanyakan usaha masakan Padang adalah jaringan yang memiliki cabang dimana pun. Standarisasi perlu dilakukan sehingga rasa dan jenis menu tidak berbeda beda. Satu cabang menghidangkan menu yang salah (basi misalnya) maka akan mempengaruhi nama baik cabang lainnya. Yang termasuk dalam manajemen mutu dalam usaha masakan Padang adalah: Penyusunan standar saat membeli bahan baku, pemasakan, menghidangkan, sanitasi dan training karyawan, Kebersihan bahan dan peralatan, dokumentasi dan pencatatn, pengetesan rasa serta penyusunan standar operasional. Jika sudah memiliki manajemen mutu yang bagus, hendak buka cabang 1000 outlet pun tak masalah, selama standar nya dipatuhi.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *