Yuk, Kenali 4 Tipe Alat Pemanas Air

 

Sebelum membeli mana yang tepat untuk hunian Anda, kenali lebih dulu 4 tipe alat pemanas air berikut.

Siapa sih yang tidak suka mandi air hangat? Meskipun cuaca di Indonesia cenderung panas, mandi air hangat tetap jadi kebutuhan tersendiri. Terutama pada pagi hari ketika udara masih dingin, atau saat malam hari sepulang beraktivitas. Tubuh terasa lebih segar dan nyaman setelahnya. Maka, tren pemasangan alat pemanas air pun semakin meningkat belakangan ini. Sebelum memutuskan mana alat yang paling tepat untuk hunian Anda, ada baiknya kenali dulu tipe yang beredar di pasaran.

1.      Pemanas air listrik Seperti namanya, alat ini menggunakan tenaga listrik guna memproduksi panas. Cara kerjanya sama seperti alat elektronik lain yang menghasilkan panas, seperti setrika dan pengering rambut. Ada yang menggunakan tangki, ada pula yang tidak. Harganya akan meningkat seiring besarnya kapasitas tangki. Begitu juga dengan daya listrik yang digunakan. Merek yang populer antara lain Ariston, Modena, dan EWH.

2.      Pemanas air gas Sumber energi alat ini adalah hasil pembakaran gas, baik gas elpiji maupun gas alam. Air lebih cepat panas jika dibandingkan dengan yang menggunakan listrik. Namun, pastikan sirkulasi kamar mandi di rumah Anda cukup baik jika hendak menggunakan alat tersebut. Nah, berhubung jenis pemanas air ini merupakan yang paling banyak beredar di pasaran, pilihan mereknya pun beragam; mulai dari Modena, Paloma, Rinnai, Wasser, hingga Gainsborough.

3.      Pemanas air tenaga surya Jenis ini cukup populer digunakan untuk hunian karena memanfaatkan energi matahari. Besarnya tangki disesuaikan dengan tingkat konsumsi air panas dalam satu rumah, yakni berapa banyak orang yang menghuni rumah tersebut. Selain mengandalkan panel surya, terdapat juga pemanas listrik yang berperan sebagai sumber energi cadangan jika tidak ada panas. Meski harganya mahal, tetapi alat ini minim perawatan. Contoh merek yang paling terkenal dari tipe ini adalah Wika Solar Water Heater.

4.      Pemanas air pompa kalor Berbeda dengan pemanas air terdahulu, produk ini bekerja dengan memakai panas udara luar. Zat refrigerant non-CFC menyerap udara panas tersebut dan bersirkulasi ke heat exchanger. Air pun berubah suhunya menjadi panas. Alat ini mampu menekan penggunaan energi listrik sampai 300%. Contoh tipe ini adalah Wika heat pump.

Demikianlah 4 tipe alat pemanas air yang dapat Anda temukan di pasaran. Setiap alat memang punya spesifikasi berbeda, tinggal menyesuaikan saja mana yang paling tepat sesuai tipe hunian Anda. Selain itu, pertimbangkan pula besar anggaran yang Anda miliki, berikut plus minus dari masing-masing alat, seperti harga, dimensi, proses instalasi, dan perawatan. Semoga informasi ini membantu.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *