Apa itu Water Heater / Pemanas Air?

Pemanas air / water heater adalah alat yang menggunakan proses termodinamika dengan menggunakan sumber energi untuk memanaskan air di atas suhu awal. Energi alternatif seperti energi surya , panas bumi , gas , dan sumber energi lainnya juga dapat digunakan untuk memanaskan air. Di kota besar alat pemanas air yang banyak ditemui dan dijual dalam berbagai tipe sebagai berikut :

1. Electric Water Heater, yaitu alat pemanas air yang mengandalkan energy listrik dikenal dengan water heater listrik atau pemanas listrik. Begitu banyak beredar merk electric water heater, bisa didapatkan di toko toko sanitary dengan harga sangat terjangkau, seperti : electric water heater Ariston, water heater modena, pemanas air listrik daalderop, water heater gainsborough, rheem, paloma, wasser dll. Electric water heater banyak dipakai di rumah tinggal sebagai sarana untuk mandi air panas, hotel, apartement, rumah sakit, villa, dll

2. Gas Water Heater, yaitu alat pemanas air yang mengandalkan energy gas elpiji, dikenal dengan pemanas air gas , biaya gas elpiji relatif murah, dan kecepatan panas cukup tinggi. Banyak dipakai untuk rumah tinggal, hotel, dan villa, produk gas heater yang banyak beredar dipasaran yaitu merk seperti rheem gas water heater, rinnai gas heater, paloma, wasser, dll.

3. Boiler Water Heater, yaitu alat pemanas air mengandalkan energy boiler,  banyak digunakan untuk kebutuhan air panas dengan kapasitas besar dengan suhu cukup panas kisaran 80 derajat sampai 100 derajat celcius. Bahkan ada yang menghasilkn uap, dikenal dengan nama steam boiler. Air panas yang dihasilkan diatas suhu 100 derajat celcius dan kebanyakan boiler water heater dan sistem boiler digunakan untuk proses industri, banyak dipakai dipabrik – pabrik yang membutuhkan air panas dengan suhu tinggi, bahkan memerlukan uap panasnya. Hotel – hotel besar untuk memenuhi kebutuhan air panas di kamar2, keperluan kitchen, dan air panas untuk laundry, yang semuanya membutuhkan air panas dengan jumlah besar.

4. Solar Water Heater, yaitu alat pemanas air yang mengandalkan energy surya matahari yang dikenal dengan istilah pemanas air tenaga surya , karena menghasilkan air panas, kalau solar sell menghasilkan listrik . Untuk negara Indonesia yang terletak digaris khatulistiwa didaerah tropis, dimana panas matahari sangat mudah didapat, bahkan sangat melimpah bila dibandingkan dengan negara lain didaerah sub tropis. Namun demikian, diwaktu waktu tertentu seperti dimusim penghujan, panas matahari yang didapat tidak sebanyak diwaktu musim kemarau, walaupun musim penghujan, siangnya panas, sorenya hujan, air panas masih bisa didapat, sebaliknya pagi hujan, siang ada matahari, air panas masih bisa didapat kecuali kalau memang dari pagi sampai sore hujan terus menerus, air panas tidak bisa didapat. Dalam kondisi emergency tersebut, pada umumnya alat ini dilengkapi dengan pemanas cadangan (elektrik heater). Produk ini sangat trend di Indonesia, banyak beredar merk pemanas dari tenaga surya, baik produk import maupun produk buatan dalam negeri, seperti pemanas air wika, solar water heater solahart, solar water heater edwards, solar water heater intisolar, solar water heater handal dll.

5. Aircon Water Heater, yaitu alat pemanas air yang mengandalkan energy buang dari out door AC ( Air Conditional ), yaitu suhu freon yang sangat tinggi pada saat keluar dari kompresor. Pada AC biasa suhu tersebut akan diturunkan lagi (dibuang) pada condesor dengan cara ditiup oleh kipas, sebelum masuk condesor, aliran freon panas tersebut dibelokkan kedalam tangki yang berisi air dingin. Di dalam tangki ada pipa spiral yang disebut Heat Exchanger, sehingga terjadi kontak antara freon panas dan air dingin pada exchanger. Air yang semula dingin perlahan akan memanas sesuai dengan suhu freon. Sebaliknya freon yang semula sangat panas akan sedikit menurun temperaturnya sebagai hasil kontaknya dengan air dingin tersebut. Saat ini produk yang dominan beredar adalah merk wika aircon water heater.

6. Heat Pump Water Heater, heat pump atau pompa kalor adalah alat pemanas air yang mengandalkan suhu freon yang sangat tinggi pada saat keluar dari kompresor. Udara luar (outdoor air, semakin panas semakin efisien) dihisap masuk oleh kipas, udara luas yang panas ini akan memanaskan refrigerant ramah lingkungan didalam evaporator, selanjutnya melalui kompresor, refrigerant yang telah panas ini ditekan sehingga bertambah panas lagi dan disirkulasikan ke heat exchanger tersebut. Proses pemanasan heat pump ini sangat efisien karena listrik diperlukan hanya untuk kompresor saja, sehingga secara keseluruhan akan menghasilkan kapasitas pemanasan hingga 3X Lipat daya yang dipakai heat pump dengan kata lain heat pump memerlukan daya listrik hanya sepertiga dari kapasitas pemanasnya. Merk yang beredar dipasaran, wika heat pump dan media heat pump.

Mengingat daya listrik yang dibutuhkan oleh water heater listrik cukup besar, pastikan bahwa daya total listrik di rumah mencukupi (wika instrument). Kedua, pilihlah tipe water heater yang ingin digunakan, seperti jenis storage, demand, heat pump, tankless coil, indirect atau solar water heater yang menggunakan energi surya untuk memanaskan air. Masing-masing jenis tersebut memiliki kelebihan tersendiri(carilah di distributor water heater). Misalnya tankless coil yang tidak membutuhkan media penyimpanan air lain karena air yang disedot langsung dipanaskan melalui broiler di dalam sistem pemanas hydronic.

Perhitungkan pula besar ukuran water heater yang digunakan agar sesuai dengan luas ruang yang tersedia(wika instrument). Ketiga, pilihlah water heater yang tergolong hemat energi, dimana indikatornya adalah Energy Factor (EF), dengan indicator mulai dari 0,5 hingga 2,0. Semakin tinggi EF, maka produk tersebut semakin efisien. Hal ini bisa dilihat dari spesifikasi yang biasanya terdapat pada setiap produk. Terakhir, pertimbangkan pula perbandingan antara harga water heater (carilah di toko distributor water heater) dengan total biaya perawatan dan keuntungan yang bisa diperoleh dari sebuah water heater. Dengan begini, keuntungan pun bisa berganda bagi Anda.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *