PELUANG DAN TANTANGAN USAHA RUMAH MAKAN PADANG

Meskipun menjual makanan tradisional yang mengusung kuliner asli ranah Minangkabau bukan berarti usaha warung Padang tidak bisa dikelola secara modern. Akhir akhir ini muncul tren bisnis resto Padang yang dikelola dengan sistem modern misal franchise dan kerjasama. Beberapa resto Padang semacam Garuda, Sederhana atau Natrabu, merupakan contoh resto yang dikelola secara modern. Resto tersebut memiliki cabang yang banyak dengan mutu yang hampir terjamin. Penampilan dan ciri khas restonya dilambangkan dengan logo,  jenis masakan atau cara hidang.

Pengembangan usaha dengan cara franchise / waralaba  ini mempercepat pengembangan bisnis rumah makan padang. Di beberapa daerah seringkali ditemukan tipe rumah makan Padang dalam skala yang lebih kecil. Rumah makan yang dikelola secara bersama sama ini biasanya berbentuk kerjasama. Satu kelompok memiliki tiga atau empat lebih warung yang dikelola dengan sistem kerjasama. Memasak makanan di satu tempat lantas diantar ke masing masing outlet. Sistem bisa dengan bagi hasil atau prosentase. Biasanya kelompok usaha ini berasal dari satu daerah, satu keluarga atau kelompok masyakarat tertentu. Kaum perantauan dari tanah Minang banyak melakukan hal ini.

Untuk sistem franchise restoran rata rata banyak digunakan tipe resto dan rumah makan. Terdapat perjanjian khusus untuk mengambil franchise ini. Misal studi kelayakan terhadap lokasi, kemampuan mitra, penyiapan prosedur operasional dan investasi tempat ataupun pembayaran royalti franchise. Tentu saja untuk bekerjasama dengan sistem franchise diperlukan uang dalam jumlah yang cukup banyak. Sistem ini memudahkan Anda untuk memulai usaha masakan Padang karena tidak perlu memperkenalkan nama atau merk warung. Nama warung Padang yang sudah terkenal lebih diingat oleh konsumen.

PELUANG DAN TANTANGAN USAHA

Dalam beberapa tahun terakhir ini usaha rumah makan berkembang cukup pesat, menjamurnya waralaba rumah makan Padang di beberapa kota besar, menunjukkan bahwa usaha rumah makan Padang peluangnya luar biasa. Keuntungan rumah makan Padang bisa mencapai antara 20% sampai 40% tergantung segmen pasar yang dibidik.

Mudah memulai usaha dan masakannya digemari semua orang, adalah peluang besar. Namun sebagaimana hukumnya semakin mudah dan besar peluang maka persaingan pun menjadi ketat. Hindari persaingan yang ketat dengan membuat keunikan tersendiri sehingga konsumen lebih mudah mengingat rumah makan padang Anda. Ratusan rumah makan Padang memiliki merk dan nama yang hampir sama dengan masakan yang enak, sehingga membuat konsumen terkadang bingung. Keunikan adalah cara menjual yang terlihat berbeda nyata dari warung Padang pada umumnya. Misalnya pelayanan yang ramah, gratis nasi, ruangan yang bersih dan seterusnya.

Tantangan, membuat rumah makan Padang juga memiliki resiko “waste” yakni makanan tidak laku yang harus dibuang. Berbisnis rumah makan jika tidak laku maka makanan hendak dikemanakan karena masakan Padang termasuk jenis masakan segar yang mudah mengalami perubahan menjadi busuk misalnya. Training karyawan dan kebersihan adalah salah satu solusi untuk membuat makanan lebih awet. Munculnya isu dan gosip miring penggunaan bahan-bahan berbahaya di sayur daun singkong agar terlihat tetap hijau atau penambahan pengawet makanan yang berlebihan (agar tidak mudah basi) dapat mengganggu usaha. Pastikan dan sampaikan kepada konsumen bahwa masakan Padang yang dijual tidak mengandung bahan berbahaya bisa untuk menjadi solusi tepat. Jika perlu mereka dapat menengok bagaimana Anda menyajikan makanan dengan aman untuk pelanggan. Kenaikan harga yang tidak terkendali dari bahan baku bumbu, seringkali menjadi sumber kerugian yang tidak terdeteksi.

Sudah menjadi rahasia umum, pelaku usaha warung, tidak menganggap bumbu dan sambal sebagai kontributor besar dalam penentuan harga. Bahkan sambal dianggap bonus. Anggapan ini boleh-boleh saja ketika harga bumbu semacam cabe, tomat atau bawang masih relatif murah. Tapi kenaikan harga yang sangat luar biasa seperti contoh cabe yang mencapai puluhan ribu pasti akan menghantam usaha Anda. Tidak bisa dipungkiri, masakan Padang unggul di bumbu dan sambalnya yang kaya cabe. Pastikan bahwa Anda sudah memasukkan bahan bumbu dan sambal dalam perhitungan usaha sehingga aman jika terjadi perubahan harga bumbu

Tips Membuka Usaha Rumah Makan Padang

Rumah makan Padang meski beromzet jutaan tapi juga ketat persaingan, jadi untuk membuka usaha ini harus benar benar dipertimbangkan sehingga tidak terjadi persaingan super hebat yang akan mengarah banting harga sehingga sama sama rugi. Beberapa tips berikut bisa menjadi inspirasi Anda saat membuka usaha rumah makan Padang :

1. SEGMEN PASAR.
Menetapkan segmen pasar bisa berdasarkan penghasilan, misal rumah makan Padang untuk kelas menengah atas (resto mewah, ber AC dan bersih), rumah makan Padang kelas menengah (rumah makan bersih, tertata rapi, cepat saji) dan kelas bawah (kaki lima, gerobakan, murah, cepat, banyak).

2. KENALI PESAING ANDA.
Hal ini sangat penting karena untuk menghindari persaingan yang luar biasa jika berhadapan langsung. Memang rumah makan Padang tersebar seluruh antero nusantara, tapi mengetahui pesaing di sekitar sangat penting. Jika pesaing Anda sama-sama menjual masakan Padang untuk kelas bawah, pastikan Anda memiliki perbedaan lebih dari pesaing, misal tempat Anda lebih bersih, makanan lebih variasi atau layanan lebih ramah.

3. LOKASI YANG TEPAT.
Lokasi dipastikan mudah dijangkau, ramai, terlihat, menonjol dan mudah untuk parkir. Jangan memilih lokasi yang sulit untuk didatangi. Lokasi memiliki peran yang sangat penting. Sesuaikan lokasi dengan segmen pasar yang Anda bidik, lokasi yang tepat tapi tidak mendekati sasaran akan sia sia. Contoh menjual rumah makan Padang mewah di lokasi kumuh yang ramai, kurang efektif untuk
menyampaikan pencitraan.

4. BAGAIMANA MENYUSUN MENU MASAKAN YANG TEPAT.
Masakan Padang yang kaya bumbu sebenarnya banyak mengalami penyesuaian. Untuk Anda yang sengaja menjual masakan Padang yang asli Minangkabau karena memang ditujukan untuk para perantau Padang, masakan asli Padang akan menjadi daya tarik yang luar biasa. Tapi jika pasar yang dibidik adalah masyarakat umum ada baiknya menyesuaikan dengan selera masakan setempat. Masakan Padang semakin kreatif, bahkan menu-menu baru semacam ayam pop atau ikan bakar sengaja dijual untuk menarik pengunjung lewat aroma asap yang ditimbulkan saat membakarnya.

5. BERAPAKAH HARGA JUAL YANG TEPAT.
Disesuaikan dengan segmen pasar yang dibidik. Jika yang dibidik adalah segmen bawah harga menjadi sangat sensitif. Beberapa rumah makan Padang begitu kreatif memasarkan masakan yang murah dengan memasang tulisan: Harga Sama Rp. 5000, atau Harga Rp. 6000. Ini adalah informasi yang penting bagi konsumen yang terbatas uangnya, jadi dengan sisa uang di kantongnya, mereka tidak ragu memasuki warung.

6. MENYUSUN MANAJEMEN MUTU.
Masakan Padang variasinya sangat luar biasa sehingga diperlukan manajemen pengendalian mutu yang baik untuk membuat seluruh masakan tetap segar dan bermutu. Apalagi masakan Padang sering menggunakan bahan santan yang mudah bau, sehingga kebersihan dan sanitasi peralatan menjadi sangat penting sekali. Pentingnya manajemen mutu karena kebanyakan usaha masakan Padang adalah jaringan yang memiliki cabang dimana pun. Standarisasi perlu dilakukan sehingga rasa dan jenis menu tidak berbeda beda. Satu cabang menghidangkan menu yang salah (basi misalnya) maka akan mempengaruhi nama baik cabang lainnya. Yang termasuk dalam manajemen mutu dalam usaha masakan Padang adalah: Penyusunan standar saat membeli bahan baku, pemasakan, menghidangkan, sanitasi dan training karyawan, Kebersihan bahan dan peralatan, dokumentasi dan pencatatn, pengetesan rasa serta penyusunan standar operasional. Jika sudah memiliki manajemen mutu yang bagus, hendak buka cabang 1000 outlet pun tak masalah, selama standar nya dipatuhi.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *